7 Oktober 1571 - Dinasti Habsburg Menangkan Pertempuran Lepanto

ilustrasi peperangan Lepanto. (Dok:net)
ilustrasi peperangan Lepanto. (Dok:net)
TitikNOL - Hari ini 445 tahun yang lalu, tepatnya 7 Oktober 1571, Dinasti Habsburg berhasil memenangkan pertempuran Lepanto. Kemenangan ini di raih atas kerjasama Habsburg dengan Kesultanan Utsmaniyah.
Perang yang meletus sejak 1570 ini, adalah perang yang disebabkan oleh keterlibatan antara Dinasti Habsburg dan Kesultanan Utsmaniyah untuk berkampanye. Kedua kerajaan besar tersebut berkampanye dengan tujuan memperoleh wilayah Venesia dari Siprus.
Maka dari itu, untuk mencari dorongan Venesia dari Laut Mediterania Timur, Sultan Selim II menginvasi Siprus pada tahun 1570.
Pada akhirnnya, Orang Venesia membentuk aliansi bersama dengan paus Paus Pius V bersama dengan Philip II dari Spanyol. Pada tanggal 25 Mei 1571, orang orang Venesia pada akhirnya membentuk sebuah aliansi.
Philip mengirim adik tirinya, John dari Austria. Pada saat sekutu berkumpul di Sisilia, Kesultanan Utsmaniyah sudah menaklukkan Nikosia pada 5 September 1570.
Setelah menaklukkan Nikosia, dilanjutkan dengan mengepung Famagusta dan masuk ke Laut Adriatik. Armada Kesultanan Utsmaniyah sudah bersandar di Teluk Patras, dekat Lepanto (Návpatkos), Yunani.
Kemenangan didapat oleh Dinasti Habsburg yang dikomando oleh John dari Austria. Ia pulang dari Lepanto menuju Roma, Italia selama 2 minggu dengan membawa berita gembira akan kemenangan Dinasti Habsburg.
Kemenangan itu diumumkan pada 7 Oktober 1571. Dinasti Habsburg juga mengambil 117 kapal dan ribuan laki-laki. (Wikipedia/Red)
Komentar