Dishub Kota Serang Sebut Masalah JPO Rusak Tanggung Jawab Pihak Swasta

Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang berada di sebelah Carrefour dan Mc Donald's, Kota Serang. (Dok: TitikNOL)
Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang berada di sebelah Carrefour dan Mc Donald's, Kota Serang. (Dok: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang angkat tangan terkait banyaknya masalah jembatan penyebrangan orang (JPO) yang sudah rusak. Soalnya, pemeliharaan salah satu fasilitas publik itu dianggap menjadi tanggung jawab pihak swasta.

Kepala Seksi Pengendalian Operasional (Dalop) dishub Kota Serang Herunajaya menegaskan, urusan pemeliharaan fasilitas publik seperti JPO dilakukan oleh pihak swasta bukan oleh pihak pemerintah.

"Pemeliharaan JPO jadi tanggung jawab pihak swasta," kata Herunajaya kepada titiknol, Rabu (3/10/2018).

Dengan kondisi tersebut, Herunajaya berharap kepada pihak yang bertanggung jawab agar segera melakukan perbaikan terhadap JPO yang rusak.

Baca juga: JPO Kota Serang Rusak, Masyarakat Takut Melintas

"Jadi, harus segera diperbaiki oleh yang bertanggung jawab supaya bisa dimanfaatkan," harapnya.

Berdasarkan pantauan TitikNOL, ada empat JPO yang dibangun di jantung Kota Serang. Yakni JPO di dekat lampu merah Pisang Mas, Cipare, JPO depan Carefour Ciceri, JPO dekat Mall of Serang (MOS) dan JPO dekat Ramayana Serang.

Namun dari keempat JPO tersebut, kondisi dua JPO diantaranya yaitu JPO depan Carefour Ciceri dan JPO dekat Ramayana Serang sudah rusak dan banyak lubang. Sedangkan dua JPO lainnya, sudah jarang digunakan oleh masyarakat.

Masyarakat sekitar pun berharap agar kondisi JPO yang rusak bisa segera mendapatkan perhatian dari pihak terkait, agar layanan fasilitas publik itu bisa dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Harapannya tentu supaya segera diperbaiki. Kan percuma juga kalau (JPO) ada tapi kondisinya seperti itu,” harap salah satu warga Kota Serang, Andin Warahmatullahi. (Tolib/TN3)

Komentar