Hadapi Revolusi Industri 4.0, PT. LBE Peringati Bulan K3 2020

Peringatan Bulan K3 Tahun 2020 dengan mengambil tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” di Lapangan PT Lestari Banten Energi desa Salira Kecamatan Puloampel. (Foto: TitikNOL)
Peringatan Bulan K3 Tahun 2020 dengan mengambil tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” di Lapangan PT Lestari Banten Energi desa Salira Kecamatan Puloampel. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan adanya inovasi, otomatisasi, supercomputer, artificial intelligence dan fleksibilitas pola kerja yang telah membawa perubahan ekonomi berbasis digital, PT Lestari Banten Energi menggelar peringatan Bulan K3 Tahun 2020 dengan mengambil tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” sebagai tema pokok Bulan K3 Tahun 2020.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan PT Lestari Banten Energi desa Salira kecamatan Puloampel, Rabu (12/02/2019), dihadiri langsung oleh Wong Kok Loon selaku Station Manager, sejumlah Plant Manager, Head of Operation, Manager, Engineer, supervisor PT Lestari Banten Energi.

Dalam sambutannya Wong Kok Loon mengatakan, kegiatan peringatan Bulan K3 Tahun 2020 ini juga diberikan penghargaan bagi pekerja atas capaian 2 juta jam kerja tanpa kecelakaan yang menyebabkan cidera hilang jam kerja.

”Terhitung mulai tanggal 11 Agustus 2018 sampai akhir tahun 2019, LBE sudah mencapai 2 juta jam kerja. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan hasil kerja sama yang baik antara manajemen, karyawan, para kontraktor, para vendor, dan semua pemangku kepentingan di LBE," Ujar Wong Kook Loon.

Di tempat yang sama, I Gede Sumantra, Occupational Health and Safety Manager menjelaskan, pencapaian ini hendaknya jangan membuat tim kerja menjadi tinggi hati dan akhirnya lalai, akan tetapi harus menjadikan semakin waspada dan meningkatkan disiplin dari hari ke hari, sehingga tekad untuk menciptakan budaya kerja selamat di lingkungan PT LBE.

Gede menambahkan, optimalisasi kemandirian masyarakat berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 berbasis teknologi industri, diharapkan mampu meningkatkan kinerja PT LBE. Munculnya industri 4.0 diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien serta inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

“Situasi ini tentu membutuhkan kewaspadaan kita akan pentingnya mengantisipasi potensi problem K3 baru, sembari terus memastikan agar pekerjaan yang bersifat manual tetap terlindungi keselamatan dan kesehatannya," tutupnya. (TN1)

Komentar