Rombak Manajemen Bank Banten, WH akan Depak Direksi?

Ilustrasi. (Dok: Cnbc)
Ilustrasi. (Dok: Cnbc)

SERANG, TitikNOL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) untuk menata manajemen Bank Banten.

Salah satu agenda besar rapat itu, melakukan perubahan jajaran struktural pimpinan bank yang diharapkan jadi kebanggaan masyarakat Banten.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, manajemen tata kelola menjadi salah satu faktor bank dapat sehat.

"Nanti persyaratan menjadi bank sehat harus manajemennya harus direturisasi, permodalan harus cukup, likuiditas harus memadai. Dari ketiga itu memang persoalannya struktur atau manejemennya," katanya kepada awak media, Rabu (10/3/2021).

Penyeleksi pimpinan bank dinilai oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK), Panitia Seleksi (Pansel) dan akademisi dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Pria yang kerap disapa WH itu mengaku akan mewawancarai langsung calon Direksi Bank Banten.

"Bank Banten sekarang sudah seleksi. Penyeleksi dari OJK, Pansel, Unpad, hari ini wawancara. Ada Direktur Utama dan 2 Komisaris. Saya akan wawancara. Nanti di RUPS," jelasnya.

Ia menerangkan, dalam struktural baru terdapat tiga direksi dan tiga komisaris. Orang nomor satu di Banten itu juga tidak akan memdisposisikan jabatan baru bagi pejabat yang sebelumnya tidak lolos.

"Ada 3 Direksi, 3 Komisaris. Nggak disposisi (Direksi lama). Kalau berhenti-berhenti sajalah. Berhenti mah berhenti saja waktunya sudah habis juga. Nanti kita akan bicarakan di RUPS LB," terangnya. (Son/TN1)

Komentar