Minggu, 14 Juli 2024

Sudah 65 Tahun Berjalan, Macan Guling Terus Lestarikan Budaya Keceran Cimande

SERANG, TitikNOL - Peguron Pencak Silat Mande Macan Guling Banten Indonesia menggelar ritual tetes mata atau biasa dikenal keceran, Kamis (12/10/2023) malam, di Taman Sari Kota Serang.

Keceran sendiri adalah kegiatan tradisi ritual yang dilaksanakan setahun sekali di setiap bulan Maulid oleh keluarga Cimande.

Tradisi ini diantaranya tetes mata (keceran) khas Cimande, urutan atau memijat tangan dan kaki yang sering mereka pergunakan bertarung serta penampilan budaya silat aliran Cimande.

“Ini ke 65 tahun. Kegiatan tradisi ritual setahun sekali setiap bulan maulid dan wajib untuk dipertahankan dari tahun ke tahun juga dalam rangka menjaga silaturahmi menjaga satu pertalekan,” kata Ketua Panitia Keceran Zeka Bachdi, dalam pidatonya.

Zeka menjelaskan jika keceran ini sudah berjalan 65 tahun, dan akan gerus dilestarikan secara turun menurun.

“Kegiatan ini rutin kami gelar setiap tahunnya. Untuk melestarikan budaya yang sudah jadi turun menurun,” papar Ketua Panitia Keceran, Zeka Bachdi kepada awak media di sela-sela acara.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Peguron Pencak Silat Mande Macan Guling Kota Serang itu berjanji, akan terus mengadakan acara tahunan ini.

“Budaya yang sudah ada harus dijaga turun menurun sampai anak cucu kita nanti. Karena keceran ini sangat luar biasa,”pungkasnya. (TN)

Komentar