Tolak Reklamasi Wilmar, Nelayan Pangsoran Bojonegara Demo di Laut

Nelayan Pangsoran Bojonegara saar melakukan aksi unjuk rasa tolak reklamasi Wilmar. (Foto: TitikNOL)Nelayan Pangsoran Bojonegara saar melakukan aksi unjuk rasa tolak reklamasi Wilmar. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Ratusan masyarakat nelayan yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Kampung Pangsoran, Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten melakukan aksi unjuk rasa di reklamasi kawasan industri terpadu Wilmar.Mereka menolak reklamasi yang dilakukan Wilmar.

Berdasarkan pantauan di lapangan,para pengunjuk rasa menggunkan puluhan kapal saat melakukan aksi di tengah laut atau tepatnya di lokasi reklamasi . Masyarakat menolak keras adanya reklamasi yang dilakukan Wilmar.

"Tuntutan kita dalam aksi ini adalah menolak adanya reklamasi yang dilakukan Wilmar sepanjang 2,5 kilometer . Reklamasi yang saat ini tengah berjalan harus dihentikan, "kata Koordinasi Aliansi Nelayan Kampung Pangsoran, Sarkani , kepada wartawan, Minggu (13/10/2019).

Menurut Sarkani, reklamasi sepanjang 2,5 kilometer yang dilakukan Wilmar tersebut sudah mendekati palau Kambing yang merupakan wilayah tangkapan ikan para nelayan.

"Reklamasi ini akan berdampak pada tangkapan ikan. Apalagi reklamasi sudah hampir mendekati pulau Kambing yang merupakan wilayah tangkapan ikan nelayan selama ini ,"jelasnya.

Tidak hanya mempengaruhi tangkapan ikan, para nelayan juga kerap diusir petugas setempat saat mendekati kawasan reklamasi tersebut.

Sarkani juga menyebut pihak Wilmar tidak ada itikad baik kepada nelayan pangsoran. Bahkan aspirasi mereka tidak digubris oleh pihak Wilmar.

"Kita akan terus melakukan aksi unjuk rasa sampai reklamasi dihentikan. Bagi kami menghentikan rekmasi ini sudah harga mati, "tegas dia.

Sementara itu hingga kini pihak Wilmar belum dapat dikonfirmasi wartawan terkait penolakan reklamasi tersebut. (Ardi/TN1).

Komentar