Dirjen Dukcapil: Banten Sudah Sadar Administrasi Kependudukan

Ilustrasi. (Dok: Prokal)Ilustrasi. (Dok: Prokal)

SERANG, TitikNOL - Dirjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh memastikan bahwa masyarakat Provinsi Banten sudah sadar untuk mengurus administrasi kependudukan.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri launching Gerakan Indonesia sadar Administrasi (Gisa) di Plaza Aspirasi Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Curug, kota Serang, Selasa (23/10/2018).

"Kita sedang mendorong agar semua warga negara, khususnya yang ada di Provinsi Banten memiliki Dokumen sebagaimana yang dibutuhkan. Dari lahir sampai mati harus memiliki dokumen didorong terus ke seluruh Indonesia," katanya.

Ia menegaskan, dengan dimudahkannya pengurusan dokumen kependudukan oleh pemerintah, masyarakat tidak mempunyai alasan lagi untuk tidak mempunyai dokumen kependudukan.

"KTP elektronik sudah dimudahkan, jadi tidak ada alasan lagi bagi masyarakat tidak mengurus dokumen kependudukan yang semuanya sudah sangat memudahkan. Sekarang membuat akta kelahiran online bisa dari rumah, mengurus pindah cukup datang ke Dukcapil, tidak perlu ke RT/RW, kelurahan dan desa. Jadi, Sudah memudahkan masyarakat," tegasnya

Menurutnya, saat ini program Gisa Kemendagri memproritaskan untuk warga yang belum memiliki KTP-el yang tergolong pemilih pemula pada Pemilu 2019 mendatang. Program itu ditarget bisa menembus angka 99 persen untuk warga di Indonesia.

Ia juga mengapresiasi Pemprov Banten yang sudah melaksanakan launching Gisa sehingga mengundang antusias warga yang sadar dengan administrasi kependudukan.

Diketahui, launching Gisa merupakan kegiatan Dirjen Dukcapil Kemendagri yang bekerja sama dengan Pemprov Banten. Kegiatan tersebut diikuti ribuan siswa-siswi dan masyarakat Banten dari berbagai kabupaten/kota se Provinsi Banten, dan mengundang antusias warga untuk mengikuti acara tersebut. (Tolib/TN3)

Komentar