Luncurkan Buku 'Transparansi Setengah Hati', Komisioner KI Banten Ini Ungkap Kegelisahannya

Komisioner Komisi Informasi (KI) Banten, Ade Jahran (tengah) saat menunjukan buku karya ketiganya. (Foto:TitikNOL)Komisioner Komisi Informasi (KI) Banten, Ade Jahran (tengah) saat menunjukan buku karya ketiganya. (Foto:TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Komisioner Komisi Informasi (KI) Banten, Ade Jahran, melaunching buku berjudul "Transparansi Setengah Hati" di gedung Pemuda, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (20/4/2016).

Ditemui di lokasi, Ade Jahran mengungkapkan, bahwa buku itu merupakan karya ketiganya dan dibuat karena dirinya terinspirasi oleh keluhan dan kegelisahan yang dirasakannya selaku Komisioner KI Banten, akan rendahnya keterbukaan informasi publik di lingkungan pemerintah Provinsi Banten.

"Launching buku ini merupakan kritikan kepada pemerintah bahwa keterbukaan informasi publik rendah dan belum optimal," kata Ade Jahran, saat ditemui di lokasi launching.

Ia pun mengaku, dirinya dibantu oleh Forum Lintas Batas dalam meluncurkan buku tersebut.

"Walaupun hampir di semua dinas ada pembantu PPID, tapi itu kurang efektif dalam melaksanakan tugasnya seperti menyediakan informasi atau meng-upload informasi setiap saat itu yang terpenting," katanya.

Dengan diluncurkan nya buku ini, Ade berharap mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat, agar lebih paham tentang keterbukaan informasi publik.

"Ini memang perlu waktu untuk mendorong badan publik agar terbuka. Karena kalau sudah terbuka akan timbul partisipasi masyarakat sehingga hak-hak masyarakat untuk mengetahui informasi terpenuhi," pungkasnya. (Meghat/red)

Komentar