Sepak Terjang PSI Kejutkan Publik Tangsel, Pengamat : Kita Tunggu Realisasi Anti Korupsinya

Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Dok: Antara)Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Dok: Antara)

TANGSEL, TitikNOL - Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarak, menilai perpolitikan di Tangerang Selatan (Tangsel) penuh dengan fenomenal. Salah satunya dilihat dari kehadiran Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang cukup mengejutkan publik.

Zaki Mubarak berpendapat, munculnya PSI sebagai kekuatan baru kali ini dinilai diluar dugaan para politikus di Tangsel. Pasalnya, dalam awal perpolitikan tahun ini PSI kandas melewati parliamentary threshold di level nasional, justru di Tangsel PSI bisa mengantarkan 4 kader terbaiknya.

"Munculnya PSI sebagai kekuatan baru, ini mengejutkan dan diluar prediksi. Suara PSI tampaknya berasal dari pemilih Hanura dan Nasdem yang berpindah haluan. Partai baru PSI mendulang 4 kursi di DPRD tangsel, mengalahkan para pemain lama seperti PAN dan Hanura dan sejajar dengan PKB,"terang Zaki Mubarak, Selasa (14/5/2019).

Pengajar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, itu melihat PSI ini sebagai energy baru yang bisa membawa angin perubahan di Tangsel. Sebab, kata Zaki, dilihat dari janji-janji kampanyenya, PSI memang banyak menawarkan perubahan dan komitmen anti korupsi.

"Kita tunggu apakah janji-janji kampanye PSI itu bisa direalisasikan,"ungkapnya.

Partai Hanura, kata Zaki, kehancurannya lebih disebabkan oleh konflik internal, perebutan kepengurusan berdampak pada partai yang tidak solid. Seperti Nasdem, dulu mengusung ide-ide restorasi, tapi setelah dikekuasaan gagal merealisasikan.

"Ide-ide Nasdem ini sekarang diambil alih dan ditawarkan PSI. PPP juga sama, didera konflik internal, belum lagi isu korupsi yang menerpa Romy ternyata berdampak pada elektabilitas caleg dan partainya yang merosot tajam,"urainya.

Dikonfimasi terpisah, Ketua DPD PSI Tangsel, Andreas Arie, mengaku akan menjalankan amanat partai sesuai janji-janji kampanye memberantas korupsi.

"Memberantas korupsi ya sudah pasti mas, itu yang diamanatkan partai. Lebih kurang akan kita coba mulai dengan transparansi, dan memastikan wakil kami tidak akan melakukan korupsi,"jelas Andreas Arie saat dikonfirmasi TitikNOL.

Seperti diketahui, empat kader terbaik PSI Tangsel yang diprediksi lolos antara lain Emanuela Ridayati, Alexander Prabu, Ferdiansyah, dan Aji Kristi Bromokusumo. (Don/TN1).

Komentar