Sabtu, 20 Juli 2024

Awas! Banyak Makanan Mengandung Zat Berbahaya di Pasar Rau Serang

BPOM Provinsi Banten saat menguji sampel bahan makanan. (Foto: TitikNOL)
BPOM Provinsi Banten saat menguji sampel bahan makanan. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Ketua Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten, Muhammad Kashuri, mengungkapkan, sudah mengambil sampel 30 jenis bahan-bahan pangan di Pasar Induk Rau Kota Serang, untuk di uji laboratorium.

Dari hasil test tersebut, ada empat jenis pangan yang positif mengandung zat berbahaya. Yakni kerupuk padang yang terbukti mengandung pewarna tekstil, mie kuning mengandung formalin, terasi dan jenis kerupuk lainnya yang terbukti menggunakan borak.

"Kita sudah temukan beberapa makanan yang menggunakan zat berbahaya," kata Muhammad Kashuri, kepada wartawan, Selasa (21/6/2016).

Kashuri menjelaskan, jika BPOM akan terus melakukan pengawasan agar tidak ada lagi bahan berbahaya pada makanan.

Ia juga menilai, tahun 2016 ini, perkembangan makanan sehat atau memenuhi syarat sesuai dengan uji lab, mencapai angka 90 persen. Meningkat, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai angka 80 persen saja.

“Perkembangan yang signifikan terjadi pada jenis makanan tahu. Tahun lalu kami temukan tahu berbahan formalin, untuk tahun ini tidak ada satupun tahu yang terbukti mengandung bahan berbahaya tersebut. Kendati demikian, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih jenis makanan,” ungkapnya. (Meghat/rif)

TAG bpom
Komentar