pCloud Free

Disnaker Cilegon Hentikan Rekrutmen Karyawan di PT SRI Ciwandan, Ada Apa Yah?

Ilustrasi pelamar kerja. (Dok: harapanrakyat)Ilustrasi pelamar kerja. (Dok: harapanrakyat)

CILEGON, TitikNOL - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon menghentikan proses rekrutmen di PT Synthetic Rubber Indonesia (SRI), yang berlokasi di Kecamatan Ciwandan.

Penghentian itu dilakukan karena PT SRI tidak melaporkan ke Disnaker Kota Cilegon jika sedang melakukan rekrutmen karyawan.

Rekrutmen secara diam-diam itu terungkap saat pengawas dari Disnaker Kota Cilegon melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Kamis (18/8/2016).

Pengawas Disnaker Kota Cilegon, Rahmatullah membenarkan jika pihaknya menghentikan proses rekrutmen di PT SRI yang merupakan perusahaan patungan PT Chandra Asri tersebut.

Dikatakannya, rekrutmen yang dilakukan PT SRI itu tidaklah sah. "Sesuai dengan aturan yang berlaku, manajemen PT SRI itu seharusnya melaporkan ke kami (Disnaker Kota Cilegon) jika ada pemenerimaan karyawan. Tapi ini mereka tidak melapor sama sekali," jelas Rahmatullah saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (19/8/2016).

Menurut dia, PT SRI yang merekrutmen karyawan  lewat website sangat tidak mengedepankan kaidah perekrutan tenaga kerja lokal yang selama ini dijaga oleh Pemerintah Kota Cilegon.

"Manajemen beralasan bahwa mereka sudah mengumumkan lewat website terkait rekrutmen. Kan seharusnya mereka (manajemen) melaporkan juga ke kita,” tegasnya.

Rahmatullah mengatakan, saat ini PT SRI sudah menerima 28 orang karyawan dan semuanya sudah bekerja. "Karena dalam  proses rekrumennya  tidak melapor, maka pihak PT SRI harus melakukan rekrutmen ulang, karena 28 orang karyawan yang sudah bekerja itu dianggap tidak sah," tambahnya.

Selain rekrutmen 28 karyawan secara diam-diam, PT SRI juga mempekerjakan satu orang TKA (Tenaga Kerja Asing). Saat  pihaknya menanyakan kelengkapan dokumen, TKA asal Prancis tersebut tidak bersedia menunjukan dengan alasan  semua kelengkapan dokumen ada di Jakarta. "Nah, kalau posisi TKA asal Prancis ini di PT SRI dia sebagai Manager Project," ungkapnya.

Rahmatullah menambahkan, pekan depan pihaknya akan memanggil manajemen PT SRI ,terkait proses rekrutmen tersebut. "Senin depan mereka kita panggil," tegasnya.

Sementara itu, Safety Manager PT SRI, Rachman Cipto yang dikonfirmasi, tidak bersedia menjelaskan lebih jauh terkait penghentian rekrutmen yang dilakukan Pihak Disnaker Kota Cilegon. (Ardi/rif)

Komentar