KSOP Resmi Launching Layanan Hapi Pape untuk Pelabuhan di Banten

Kepala KSOP Banten, Herwanto dan Walikota Cilegon, Edi Ariadi saat launching Hapi Pape di Hotel The Royale Krakatau. (Foto: TitikNOL)
Kepala KSOP Banten, Herwanto dan Walikota Cilegon, Edi Ariadi saat launching Hapi Pape di Hotel The Royale Krakatau. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banten, resmi melaunching Hapi Pape atau harmonisasi pemanfaatan InaPortnet pada kegiatan pelayanan kepelabuhanan di Banten. Walikota Cilegon, Edi Ariadi dan puluhan pelaku usaha pelabuhan hadir dalam launching Hapi Pape tersebut.

Kepala KSOP Kelas 1 Banten, Herwanto mengatakan launching Hapi Pape ini dalam rangka harmonisasi pemanfaafan InaPortnet pada kegiatan pelayanan kepelabuhanan di Banten. Dan diharapan menjadi pionir bagi pelayanan inaportnet untuk TUKS (Terminal untuk kepentingan sendiri).

"Karena diseluruh Indonesia baru ada di Banten ini. Mudah-mudahan ini akan dicontoh oleh pelabuhan-pelabuhan lain yang memiliki TUKS-TUKS ," jelas Herwanto, usai launching Hapi Pape di Hotel The Royale Krakatau Cilegon, Kamis (5/9/2019).

Di Banten ada 57 terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS) dan badan usaha pelabuhan (BUP) -nya sudah menggunakan InaPortnet.

"Kalau BUP-nya sudah menggunakan Inaportnet, tapi untuk TUKS-nya kan belum sehingga pelayanannya perlu diharmonisasikan supaya lebih efektif dan efiesien,"ujarnya.

InaPortnet adalah layanan kepelabuhanan berbasis web yang mengintegrasikan layanan dari stakholder terkait. Sistem InaPortnet menyangkut layanan di pelabuhan seperti izin kapal, layanan manifiest domestik dan pembayaran elektronik.

Sementara itu, Walikota Cilegon Edi Ariadi mengapresiasi KSOP Banten yang telah menerapkan layanan InaPortnet atau disebut hapi pape untuk TUKS di Banten.

"Ini sebetulnya mendukung juga yang namanya Cilegon Smart City, ya ini salah satunya. PTSP kita kan sudah, aplikasi yang lain ada disini di Pemkot, nah ditambah lagi ada pelayanan ini. Jadi kita terimakasih kepada KSOP telah mendukung Cilegon Smart City karena ini lebih bermanfaaf dengan pelayanan,"ujarnya.(Ardi/TN2).

Komentar