Sabtu, 13 Juli 2024

BBM Naik, Pengusaha Kapal Penyeberangan Merak-Bakauheni Demo Tuntut Kenaikan Tarif

Suasana aksi unjuk rasa para pengusaha kapal penyeberangan di Kantor BPTD Wilayah VIII Banten. (Foto: TitikNOL)
Suasana aksi unjuk rasa para pengusaha kapal penyeberangan di Kantor BPTD Wilayah VIII Banten. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Para pengusaha kapal yang terdiri dari Indonesian National Ferry Owner Association (INFA) dan Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak, melakukan aksi untuk rasa di kantor Balai Pengelola Transportasi Darat (BPBD) Wilayah VIII Banten, Selasa (20/9/2022).

Dalam aksinya, para pengusaha kapal tersebut meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk segera menyesuaikan atau menaikan tarif penyeberangan Merak-Bakauheni, pasca naiknya harga BBM beberapa waktu lalu. Mereka juga membentangkan poster- poster yang bertuliskan tuntutan.

"Aksi kami ke BPTD ini sebagai bentuk protes serta meminta kejelasan atau kepastian kapan tarif kapal penyeberangan naik, cuma itu aja," kata Ketua Gapasdap Merak, Togar Napitupulu kepada wartawan.

Kepala BPTD Wilayah VIII Banten, Handjar Dwi Antoro menjelaskan, kenaikan tarif penyeberangan masih dalam pembahasan di Kemenhub.

"Pelaku operator kapal kan minta kenaikan tarif dan itu kenaikan tarif sementara disusun oleh Kemenhub, nanti kalau sudah ada kepastian baru. Jadi tugas kami di lapangan hanya mensosialisasikan dan mengawasi," ujarnya.

Adapun aspirasi yang disuarakan para pengusaha kapal tersebut, pihaknya akan segara menyampaikannya ke Kemenhub di Jakarta. (Ardi/TN3).

Komentar