Tim Monev Tidak Temukan Kecurangan, Kades di Lebak Siap Dilantik

Ilustrasi Pilkades. (Dok: rmolsumsel)Ilustrasi Pilkades. (Dok: rmolsumsel)

LEBAK, TitikNOL - Rusito, Sekretaris Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap ke II di Kabupaten Lebak menegaskan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terkait permasalahan Pilkades Narimbang Mulia, tim monev tidak menemukan unsur kecurangan.

“Hanya terjadi kesalahan menulis pada surat kartu undangan pemilih saja," ujar Rusito, Kamis (6/10/2016).

Dijelaskan Rusito, kesalahan tersebut antara lain, panitia salah menulis nomor urut di kartu undangan, salah menjumlahkan di kertas plano dan salah mengumumkan, karena salah satu panitia mengumumkannya pada kartu undangan yang nomor urut terakhir.

Disinggung soal adanya tudingan kecurangan yang dilakukan panitia dalam proses pilkades Narimbang Mulia, Rusito kembali menegaskan bahwa hasil Pilkades Narimbang Mulia tidak ditemukan kecurangan.

Baca juga: Tak Ada Penggelembungan Suara Di Pilkades Narimbang Mulia

"Ya itu tadi hanya tiga kesalahan saja dan itu kan sudah diakui oleh panitia Pilkades Narimbang Mulia saat rapat klarifikasi di kantor kecamatan," ujar Rusito.

Ditanya hasil rekomendasi tim monev apakah Kades terpilih tetap akan dilantik, Rusito menyatakan bahwa tim monev sudah menyimpulkan hasil monev terkait pilkades Narimbang Mulia.

"Iya seperti itu, tapi soal keputusan dilantik atau tidak kan itu ranahnya pimpinan. Tim monev tidak punya wewenang menyatakan apakah jadi dilantik atau tidak. Kita tunggu saja besok, aspirasi yang disampaikan pendemo itu kami tampung untuk disampaikan kepada pimpinan," ucap Rusito. (Gun/Rif)

Komentar